Rooting ZTE B860H v5 OS 10

Rooting B860H dalam tulisan ini dimaksudkan untuk mendapatkan hak akses root dengan batasan-batasan yaitu dengan melakukan sesedikit mungkin perubahan agar perangkat tetap dalam kondisi aslinya. Tahapan-tahapan rooting secara garis besar dilakukan sebagai berikut:

  1. Jadikan bootloader perangkat dalam mode unlock sehingga dapat di-flash dengan kernel (boot) maupun recovery yang sudah dimodifikasi tanpa mengakibatkan bootloop.
  2. Flash boot image yang sudah dimodifikasi dengan Magisk. Hal ini dapat mudah dilakukan dengan mengambil image kernel (boot.img) kemudian dengan perangkat Android yang sudah terpasang Magisk app dan dilakukan patch pada image tadi.
  3. Flash recovery image (opsional).
  4. Karena opsi Developer Option pada perangkat ini terkunci, sehingga untuk membuka penguncian tersebut dilakukan flash pada partisi conf dengan data kosong. Pada tahap ini cadangan partisi conf akan dibuat terlebih dahulu.
  5. Restart perangkat kemudian lakukan setup hingga selesai termasuk pengaturan WiFi, kemudian aktifkan USB debugging.
  6. Instal Magisk app dengan menggunakan ADB, ini perlu dilakukan agar akses root dapat bekerja.
  7. Flash kembali partisi conf untuk memulihkan keaslian perangkat. Pada tahap ini Developer Option akan terkunci kembali sehingga untuk mengakses ADB pada perangkat lain dibutuhkan app ADB over Ethernet.

Bagian tersulit dalam melakukan rooting ini adalah membuat perangkat dalam mode bootloader. Di dalamnya termasuk membuka casing perangkat hingga melakukan short pin. Untuk peralatan yang dibutuhkan dan cara melakukannya sudah banyak beredar terlebih lagi di Youtube. Dari mode bootloader tersebut aktifkan USB burning mode untuk memulai rooting.

Proses Rooting

Ada baiknya sebelum melakukan rooting untuk melakukan backup terlebih dahulu. Berikut ini output proses rooting ZTE B860H v5:

C:\b860hv5-os10-root>root.cmd
ZTE B860H v5 OS 10 Root
(c) 2022 Toha <tohenk@yahoo.com>
--------------------------------

Choose device firmware...
List of available firmwares:
1. V83011303.0026
2. V83011303.0033
Choose firware to root [2]? 2
Detecting device...
Device connected...

Begin rooting...
Backup partition conf...
Wiping cache and data...
Unlock boot loader...
Flashing boot...
Flashing conf...

Reboot your device and complete the setup
Connect using WiFi and note the IP address
Enable Developer Options and activate USB debugging

IP address of your device=172.16.1.45

Make sure to allow this computer to access ADB
then Magisk App will be installed to your device
along with original CONF partition
Press ENTER to install Magisk App...
Press ENTER to restore CONF partition...
8192+0 records in
8192+0 records out
4194304 bytes (4.0 M) copied, 0.250313 s, 16 M/s
Done rooting...

TWRP dan Kustomisasi

Langkah selanjutnya yaitu melakukan kustomisasi perangkat sesuai yang diinginkan. Namun perlu diingat bahwa partisi system pada B860H v5 OS 10 ini bersifat read only, sehingga untuk melakukan kustomisasi semisal debloating tidak dapat dilakukan secara langsung.

Home launcher (com.launcher.idn) B860H v5 tidak dapat hanya di-disable dengan pm disable --user 0 com.launcher.idn, karena ketika tombol home pada remot ditekan maka launcher akan aktif kembali. Launcher tersebut pun tidak bisa serta merta di-uninstall mengingat partisi system read only. Solusi untuk menonaktifkan launcher ini yaitu dengan menggunakan Magisk. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka app Magisk melalui Setelan -> Aplikasi -> Lihat semua aplikasi -> Tampilkan aplikasi sistem -> Magisk -> Buka.
  2. Pada app Magisk navigasikan ke Modul (diperlukan mouse atau dengan Google TV remote).
  3. Cari dan instal Busybox for Android NDK dan Debloater (Terminal Emulator) lalu reboot.
  4. Buka terminal emulator atau adb shell dan ketik debloat untuk memulai debloating. Dari menu debloat pilih 2 - System Priv-Apps dan pilih Launcher APP. Reboot untuk mengaplikasikan perubahan.

Untuk masuk ke TWRP recovery hanya bisa dilakukan dari shell baik dengan menggunakan app terminal emulator semisal Termux maupun dengan adb shell. Gunakan perintah reboot recovery untuk memulai TWRP.

Unduhan

Tool yang dibutuhkan untuk rooting dapat diambil di Github.

Leave a Reply