Thought

Strategi Kuliah di Masa Pandemi Covid-19 di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Covid-19 sebagai pandemi global telah mengubah cara dan perilaku kita dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dengan penerapan physical distancing, selalu menggunakan masker, dan mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir (atau menggunakan hand sanitizer). Hal ini tidak luput pula berdampak pada cara kita melakukan pembelajaran baik di tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag Surabaya) sebaik salah satu universitas terbaik di Surabaya juga menerapkan perkuliahan secara daring (online) dengan berbasis pada platform Moodle, Elitag.

Elitag sebagai pusat perkuliahan secara daring menyediakan fungsi-fungsi interaksi antara dosen dan mahasiswa dalam penyampaian mata kuliah, juga menyediakan forum diskusi. Didukung integrasi dengan platform media sosial dan pembelajaran seperti WhatsApp atau Zoom sehingga memungkinkan perkuliahan berjalan dengan baik.

Agar perkuliahan dengan Elitag dapat berjalan maksimal, hendaknya perlu diperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Perlu dipersiapkan perangkat pendukung yaitu laptop/pc/handphone berserta konektivitas yang memadai.
  2. Meskipun kuliah secara daring kita dapat berada dimana pun, hendaknya tetap memperhatikan jam perkuliahan.
  3. Mengikuti aktivitas mata kuliah sesuai dengan tata cara yang ditentukan pada Elitag.

Terakhir, mahasiswa perlu menjaga semangat untuk belajar meski dalam kondisi apapun sehingga kelak bisa menjadi SDM yang mumpuni.

Leave a Reply